Tuesday, December 13, 2011

CARA MEMASAK KETAN

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan pada waktu mengolah jajan yang berbahan ketan, agar mendapat hasil yang pulen sbb :

§ Pada waktu memasak ketan, sebaiknya jangan memasak ketan dengan rebusan gula hingga kalis karena dapat menjadikan butiran ketan hancur pada waktu diaduk.

§ Apabila hendak memasak ketan mendadak, sebaiknya dengan cara mengukus beras ketan hingga panas. Lalu dicampur dengan cairan mendidih tanpa api, aduk rata hingga air terserap habis. Setelah itu kukus kembali selama ± 20 menit hingga matang dan ketan siap untuk disajikan.

§ Atau dengan cara merendam beras ketan selama 3-5 jam, lalu kukus ketan hingga panas dan setengah matang, kemudian siram dengan cairan mendidih, aduk yang rata tetap di dalam kukusan. Dilanjutkan mengukus kembali sekitar 15 menit.

§ Untuk cairan mendidih disesuaikan dengan selera (pewarna alami), misal :

a. menggunakan santan yang dicampur gula jawa, untuk ketan berwarna coklat

b. Air daun suji/ daun pandan yang ditumpuk dan diperas airnya, untuk ketan warna hijau.

§ Selain pewarna alami kita juga bisa berkreasi dengan menggunakan pewarna sintetis ataupun esens, tp pilihlah yang food grade!

§ Agar ketan berpenampilan lebih menarik, kita bisa membentuknya sesuai keinginan, misalnya : bulatan, bunga, aneka buah-buahan boneka dll. Untuk membentuk ketan sebaiknya pada waktu adonan ketan dalam kondisi masih hangat sehingga adonan dapat dengan mudah dibentuk.

§ Jajan yang terbuat dari bahan ketan sebaiknya tidak disimpan dalam lemari pendingin karena akan keras dan aromanya tidak segar lagi. Lebih baik diletakkan dan disimpan di tempat yang sejuk bisa tahan selama 2-3 hari.

Sumber : Tabloid Lezat

No comments:

Post a Comment

Post a Comment